10 Rekomendasi Wisata Adventure di Bali yang Memicu Adrenalin

Wisata adventure di bali

Salah satu julukan Bali adalah Pulau Surga. Pulau Bali dihiasi oleh keindahan alamnya bak keelokan surga. Tak sulit untuk kita menjumpai pantai, gunung, tebing, danau, lembah, air terjun, bukit dan sawah terasering di pulau ini.

Tak heran banyak turis menjadikan Pulau Surga ini menjadi wishlist tempat yang wajib dikunjungi. Dibalik keindahannya, siapa sangka, terdapat berbagai wisata adventure di Bali yang menantang dan menguji adrenalin kamu.

Let’s check it out!

Wisata Adventure di Bali yang Wajib Dicoba

1. Air Terjun Aling-Aling

Aling-Aling Waterfall in Bali
Aling-Aling Waterfall in Bali – source: Google Maps

Berada di Desa Sambangan, tak jauh dari Singaraja di utara Bali, air terjun yang memiliki ketinggian 35 meter ini dikelilingi oleh pepohonan rimbun.

Kamu harus melakukan trekking agar sampai ke lokasi air terjun. Sepanjang pendakian, kamu akan ditemani keindahan panorama alam sekitar yang begitu spektakuler.

Wisata ini cocok untuk introvert people yang suka dengan kesunyian, karena air terjun ini tergolong tidak terlalu ramai dibanding lainnya. Terdapat perosotan alami untuk terjun langsung ke kolam menjadi salah satu keunikan air terjun ini.

Sambil menyelam minum air, bukan karena habis ‘nyemplung’ ke air, tetapi karena di sekitar Desa Sambangan mempunyai 7 air terjun yang berdekatan sehingga kamu bisa sekaligus berkunjung ke air tempat lainnya, salah satunya adalah air terjun Gitgit.

Kalau kamu berkunjung ke air terjun Aling-aling ada dua paket trekking, short track dan long track.  Ada beberapa air terjun yang dapat kamu kunjungi, seperti air terjun Kroya, Dedari, Canging, Cemara, Pucuk dan air terjun Kembar.

2. Canyoning Bali Utara

Canyoning Bali Utara
Canyoning Bali Utara (source: IG/canyoningbali)

Suka mengencangkan otot? Wisata adventure di Bali ini cocok untuk dicoba. Berlokasi di Ubud Gianyar, petualangan ini dapat memicu adrenalin dan menguras tenaga dengan tingkat kesulitan berbeda.

Bagi para pemula tak ada salahnya mencoba canyoning di Kerenkali yang adalah bagian dari Air Terjun Gitgit. Jika terlalu mudah dan ingin lebih menantang, tak salah mencoba Aling Gorges.

Kamu akan disuguhkan track dengan tebing curam, lintasan berlumpur dan terjal, flying fox diantara dua tebing dan sungai arus deras yang harus diseberangi menggunakan boat rafting.

3. Whitewater Rafting Sungai Ayung

Bali Sobek Rafting
Bali Sobek Rafting source: water-sport-bali.com

Sungai Ayung juga menjadi salah satu wisata di Bali yang harus kamu kunjungi. Berada di Ubud, sungai ini merupakan sungai terpanjang sekaligus terindah di Bali.

Tak hanya bisa menikmati keindahan sungai dengan kejernihan airnya namun juga dapat merasakan kerimbunan pohon hijau dan batu alam sebagai dindingnya. Disini juga tersedia arung jeram yang siap menantangmu.

Belum pernah arung jeram? Tak perlu khawatir, akan ada pemandu yang siap membantu mengamankan perahu karet. Fun facts nya, beberapa waktu lalu Presiden Obama beserta keluarga pernah berarung jeram di Sungai Ayung saat berkunjung ke Bali.

4. Air Terjun Peguyangan

air terjun peguyangan
air terjun peguyangan (source: IG/vladimir0vna)

Umumnya air terjun berwujud vertikal, namun Air Terjun peguyangan memiliki rangkai air pendek dan bertingkat. Sebelum sampai lokasi, kamu akan ditantang untuk menuruni tangga yang sempit dan curam di tepi jurang.

Walaupun medannya menantang, kamu akan disajikan keindahan pemandangan. Karena Air Terjun ini tergolong hidden gem, disarankan untuk meminta pemandu wisata berpengalaman yang menguasai arah ke Air Terjun peguyangan.

Jangan lupa mengenakan sarung saat kamu memasuki kawasan ini. Kamu bisa menyewa di lokasi dengan biaya Rp10.000.

5. Flyboarding

Flyboarding Bali
Flyboarding Bali (source: flyboard-bali.com)

Wisata adventure di Bali selanjutnya adalah flyboarding yang terletak di Pantai Tanjung Benoa, Nusa Dua. Flyboarding adalah gabungan dari papan selancar dan penggerak motor jet ski.

Kamu akan menggunakan sepatu yang melekat pada papan selancar yang disambungkan dengan selang dan terhubung dengan motor.

Tekanan air yang tinggi akan membuatmu melambung ke udara dengan air yang keluar dari selangnya. Bagi yang berpengalaman, mereka akan beratraksi dengan gerakan akrobatik.

6. Abyss Zipline di Ceningan Island Resort

Abyss Zipline di Ceningan Island Resort
Abyss Zipline di Ceningan Island Resort (source: balirentalcars.com)

Tebing dan ombak yang besar menjadi ciri khas Pulau Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan. Untuk menikmati deburan ombak, kamu bisa meluncur menggunakan wahana Abyss Zipline bak jembatan dari sisi tebing ke tebing lain.

Abyss Zipline adalah wahana yang dimiliki oleh Ceningan Island Resort dengan menyajikan pemandangan laut di bawahnya.

Kamu akan menggunakan tali pengikat yang diapit kedua kawat dan meluncur melintas diatas ombak. Tak perlu cemas dengan keamanannya, karena wahana sudah didesain dengan menggunakan standar keamanan yang teruji.

7. 5GX Reverse Bungy

Wahana 5GX Bali
Wahana 5GX Bali (source: wahana 5gx bali)

Penantang ketinggian wajib mencoba permainan ini. 5GX Reverse Bungy menjadi salah satu wisata adventure di Bali yang menantang, kamu akan dilemparkan ke langit menggunakan ketapel raksasa dengan kecepatan ratusan kilometer per jam.

Berada di Legian Kuta Bali, 5GX Reverse Bungy ini dapat dikunjungi dari pukul 11.00 sampai 15.00.

Disarankan untuk mencoba wahana ini ketika menjelang sunset, agar dapat menikmati keindahan tenggelamnya matahari. Bila memiliki masalah dengan ketinggian, 5GX Reverse ini kurang cocok untuk dicoba.

8. Seabreacher Bali

Seabreacher Bali
Seabreacher Bali (source: balitoursclub.net)

Siapa yang suka halu dan berandai jadi seekor mamalia laut? Jangan terlalu banyak berkhayal, karena wisata yang satu ini bisa mewujudkan impian kamu.

Seabreacher adalah salah satu permainan watersport yang memiliki tantangan tersendiri.

Seabreacher berbentuk serupa dengan pesawat tempur dan memiliki penampilan yang keren dan gagah karena didesain menyerupai ikan hiu.

Kapal Seabreacher dirancang untuk dapat menyelam hingga kedalaman 2 meter dan melompat serta terbang hingga ketinggian 6 meter. Umumnya permainan ini masih didominasi oleh wisatawan mancanegara karena belum populer.

Tak perlu cemas akan keamananya, karena Seabreacher sudah dilengkapi oleh standar keamanan dan pemandu berpengalaman.

9. Berayun di Zen Hideaway

Berayun di Zen Hideaway
Berayun di Zen Hideaway (source: IG/sophiapope)

Siapa yang masa kecilnya suka berayun dengan ayunan? Bagaimana jika ayunan yang akan dimainkan berupa ayuna raksaksa yang bertengger diatas bukit?

Zen Hideaway sebenarnya adalah sebuah villa di Ubud yang memiliki wahana ayunan raksaksa sebagai salah satu permainan ekstrim dan menantang.

Kamu akan diayunkan dari tebing yang tinggi seperti terbang di udara. Saat kamu berada di ayunan, kamu dapat menikmati pemandangan desa yang asri.

Wahana ini sudah dilengkapi dengan keamanan yang berpengalaman dan profesional sehingga kamu tak perlu khawatir.

Bagi kamu yang ingin menikmati keseruan ayunan raksasa ini, kamu harus terdaftar sebagai tamu yang menginap di Zen Hideaway. Karena wahana ini dikhususkan untuk para tamu Zen Hideaway.

10. Tanjung Benoa Water Sport

Tanjung Benoa Water Sport
Tanjung Benoa Water Sport (source: water-sport-bali.com)

Ingin lebih menantang ombak lebih ekstrim? Tanjung Benoa Watersport menjadi jawaban yang tepat untuk kamu. Tanjung Benoa dari kacamata wisatawan telah menjadi pusat watersport di Bali.

Berbagai wahana water sport tersedia disini diantaranya: Banana boat, rolling donut, jet ski, parasailing, flying board, flying fish, wakeboarding dan masih banyak lagi wahana water sport dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda.

Siapkan segala perbekalan karena tenagamu akan terkuras disini.

Walaupun bermedan menantang dan memicu adrenalin, wisata adventure di Bali telah mengantongi izin keamanan secara Internasional.

So, tunggu apa lagi? Siap menerima tantangan dari Bali?

Baca juga: Berpetualang dengan Mobil Adventure Mewah yang Cocok untuk di Bali

Facebook
WhatsApp
Twitter
LinkedIn
Pinterest

Artikel Terbaru