BaliPremium Trip Logo

Perhatikan 9 Tips Berkendara Aman di Jalan Raya untuk Keselamatan

Tips Berkendara Aman

Tips berkendara aman di jalan raya sangat dibutuhkan oleh seorang pengendara, apalagi yang pemula.

Pasalnya, tingginya angka kecelakaan mobil di jalan seringkali disebabkan oleh kelalaian pengendara. Jika sudah lalai, maka keselamatan perjalanan akan terancam.

Hal itu tak hanya merugikan diri sendiri tapi juga pengendara lain di jalanan yang sama. Namun tak usah khawatir, semuanya bisa dicegah dan diminimalisir.

Perhatikan juga spot tilang online. Menurut pengalaman tim Bali Premium Trip, saat ini sudah ada beberapa titik tilang online di Indonesia. Misalnya di Bali, beberapa titik itu ada di jalan Bypass Ngurah Rai.

Pasti kamu tidak mau kan, tiba-tiba ada surat tilang yang dikirim ke rumah.

Kamu bisa mengintip tips di bawah ini agar aman saat berkendara untuk menjaga keamanan dan keselamatan perjalananmu.

Ini 9 Tips Berkendara Aman di Jalan Raya

Agar senantiasa aman dan selamat hingga sampai di tujuan, kamu bisa menerapkan beberapa tips berkendara di bawah ini.

1. Memeriksa Kondisi Kendaraan

Hal utama yang wajib dilakukan sebelum memutuskan untuk pergi berkendara adalah dengan mengecek keseluruhan kondisi kendaraan.

Apakah ban dan segala komponen lainnya baik-baik saja dan berfungsi dengan baik. Cek juga bahan bakar kamu, masih penuh atau sudah saatnya mengisi. Ada baiknya untuk memanaskan mesin mobil terlebih dahulu selama 15 – 20 menit untuk mengecek kondisi.

Jika kendaraan itu bukan milik pribadi, misalnya kamu sedang menyewa mobil saat liburan, pastikan pihak yang menyewakan mobil adalah perusahaan yang terpercaya.

Kalau kamu sewa mobil mewah di Bali, kami di Bali Premium Trip selalu memastikan kendaraan yang disewakan telah memenuhi standar aman. Bali Premium Trip merupakan bagian dari IndonesiaJuara Trip yang telah berkecimpung di industri travel dan hospitality sejak 2015.

2. Kenakan Sabuk Pengaman

Terlihat remeh namun inilah tips berkendara aman di jalan raya. Kamu harus memasang sabuk pengaman dengan baik dan tepat untuk keamanan dan menghindari terjadi badan terpelanting atau terbentur jika terjadi hal tak diinginkan seperti kecelakaan.

3. Patuhi Aturan Lalu Lintas

Hal ini sangat tak bisa dielakkan, selain agar tidak kena tilang tentu juga agar aman sampai di perjalanan. Rambu lalu lintas ada untuk dipatuhi dan dilaksanakan sebagaimana mestinya.

4. Atur Kecepatan

Mengatur kecepatan laju kendaraan kamu berarti sama dengan memahami setiap pergerakannya. Bagaimana dinamika akselerasi dan deselerasi mobil kamu, bagaimana kamu harus mengendalikan mobilmu ketika harus mengerem dan menikung. Apalagi saat terjadi mobil selip, bagaimana kamu mengontrolnya harus dipahami sebagai seorang di balik kemudi.

5. Atur Jarak

Jarang minimum antar kendaraan di cuaca normal ialah 3 detik dan dengan kecepatan 40km/jam. Gunakan bangunan, pohon atau tiang listrik sebagai patokan kamu menghitung jarakmu dengan pengemudi lain.

6. Menyalip Melalui Jalur Kanan

Jika kamu hendak mendahului kendaraan lain menggunakan jalur kanan sesuai aturan yang berlaku. Jangan asal menyalip dan akan merugikan keselamatan pengendara lain. Jangan lupa sering cek kaca spion kamu untuk mengetahui kendaraan di belakangmu. Apalagi jika kamu hendak menyebrang atau berbelok.

7. Hati-hati Distraksi

Sebaiknya kamu mengemudikan mobil dengan fokus yang tinggi untuk menghindari terjadinya kecelakaan. Fokus ke depan dan pada kendaraan yang kamu kemudikan. Jangan bermain HP, jangan terlalu asik ngobrol sampai lupa sekitar. Jika terpaksa harus bermain HP, melipirlah sejenak agar aman.

8. Waspadai Sekitar

Jika kamu waspada pada jalanan yang kamu lintasi, kamu dapat dengan mudah menghindari jalanan berlubang atau hal-hal tak terduga yang biasa terjadi di jalanan. Pastikan bahwa kamu melintasi jalur aman dan tak perlu berasumsi akan kendaraan lain.

9. Jangan Menyetir Saat Mengantuk

Karena mengejar waktu atau merasa tanggung jika beristirahat, apalagi saat melakukan perjalanan jauh. Banyak pengemudi yang memaksakan diri untuk terus menyetir meski terkantuk-kantuk. Hal ini sangat berbahaya dan sebaiknya tak dilakukan. Jika perjalanan jauh, bawalah supir atau teman yang mungkin bisa menggantikan jika sedang diserang kantuk.

Sekian tips berkendara aman di jalan raya agar dapat berkendara dengan selamat. Semoga bermanfaat bagimu!

Baca juga: Tips Berkendara Saat Hujan yang Perlu Diketahui Pengendara

Facebook
WhatsApp
Twitter
LinkedIn
Pinterest

Rekomendasi Mobil

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *