BaliPremium Trip Logo

Jangan Asal! Begini 5 Tips Aman Charge HP di Mobil

tips aman charge hp di mobil

Buat kamu yang punya kebiasaan nge-charge HP di mobil, harus lebih berhati-hati dengan mengetahui tips amannya. Tips aman charge HP di mobil patut kamu ketahui agar HP dan mobil kamu tidak membahayakan dan rusak.

Banyak orang yang mengisi daya baterai HP di mobil karena kebutuhan sehari-hari. Apalagi mobilitas kamu tinggi sehingga memerlukan kepastian HP tetap menyala agar produktif.

Ketika di jalan sedang berkendara, mungkin kamu harus menggunakan handphone sebagai pengarah jalan atau perlu menghubungkan musik dari HP via bluetooth. Nah, karena penggunaan ini baterai handphone cepat habis.

Ini 5 Tips Aman Charge HP Di Mobil, Perhatikan!

Agar HP kamu tidak cepat rusak ketika di-charge di mobil, kamu perlu memperhatikan beberapa tips amannya. Karena nge-charge HP di mobil sebenarnya tidak dianjurkan sebagai hal yang aman.

Namun, terkadang kamu juga terpaksa harus nge-charge HP di mobil karena kebutuhan. Maka dari itu, simak 5 tips aman ketika nge-charge HP di mobil berikut ini:

1. Pilih Charger yang Berkualitas

Tips pertama yang wajib kamu ketahui adalah memilih charger dengan kualitas yang bagus. Biasanya, orang akan memilih charger asal dengan harga yang murah. Padahal kualitasnya tidak bagus dan dapat membuat HP cepat rusak.

Maka dari itu, sebaiknya kamu memilih charger dengan kualitas terbaik walaupun harganya lebih mahal sedikit. Akan semakin baik jika kamu mengetahui fitur-fitur detilnya, seperti memilih fitur fast charging.

2. Sesuaikan Tegangan Pada Car Charger

Menyesuaikan tegangan pada car charger menjadi tips aman charge HP di mobil yang kedua dan dapat kamu perhatikan. Hal ini juga penting karena tegangan pada car charger akan mempengaruhi kondisi aki dan HP kamu sendiri.

Sebaiknya kamu pilih car charger dengan tegangan 12V hingga 24V karena kedua jenis tegangan tersebut yang paling cocok dengan kondisi tegangan listrik mobil kamu. Untuk membeli car charger sesuai dengan tegangan listrik mobil, kamu dapat banyak mencarinya pada e-commerce.

3. Pilih Adaptor Minimal 2 Ampere

Ketika ingin charge HP di mobil, tidak hanya tegangan listrik yang kamu perhatikan. Kamu juga dapat memilih adaptor yang dayanya minimal 2 ampere. Hal ini berkaitan dengan performa pengecasan HP masa kini yang optimal.

Jika kamu membeli adaptor yang kurang dari 2 ampere, dampaknya HP-mu tidak akan mencapai pengisian optimal. Sehingga, nantinya akan berakibat pada kerusakan HP jika kamu terus menerus melakukan pola yang sama.

Namun perlu diingat juga, pastikan bahwa keterangan 2 Ampere pada charger tersebut memang nyata demikian. Karena saat ini banyak produk palsu yang tidak memberikan keterangan yang sebenarnya pada produk charger mereka.

4. Hindarkan HP dari Sinar Matahari saat di-charge

Hal paling penting agar nge-charge HP aman di mobil adalah menghindari kondisi HP dengan panas berlebih. Terutama panas terkena matahari, karena jika HP dalam kondisi suhu yang tinggi, komponen di dalamnya akan rusak dan berpotensi meledak.

Maka dari itu, ketika kamu charge HP di mobil pastikan untuk tidak terpapar matahari dan menjaga suhu HP tidak panas. Karena dampaknya nanti baterai HP kamu akan cepat bocor dan rusak serta pengisian daya tidak optimal.

5. Jangan Terlalu Lama Nge-charge

Tips terakhir yang juga tidak kalah penting adalah pastikan kamu tidak terlalu lama nge-charge HP. Artinya, pengecasan HP di mobil hanya dapat kamu lakukan jika dalam keadaaan darurat saja. Jangan sampai nge-charge HP sama seperti ketika di rumah.

Hal ini mencegah terjadinya kelebihan pengisian baterai yang akan berdampak buruk pada HP dan mobil kamu. Tentunya kamu tak ingin HP kamu rusak karena berlebihan nge-charge di mobil

Itulah berbagai tips aman charge HP di mobil yang dapat kamu lakukan. Ikuti tips-tipsnya agar HP kamu tetap optimal dan kondisi baterai awet walaupun sering charge di mobil. Ketahui dahulu bahwa nge-charge HP di mobil tidak akan sama dengan di rumah yang menggunakan daya listrik yang stabil.

Baca juga: Apa yang Lagi Hits di Bali? Cari Tahu Lewat Artikel Ini!

Facebook
WhatsApp
Twitter
LinkedIn
Pinterest

Rekomendasi Mobil

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *