BaliPremium Trip Logo

Perhatikan Hal-Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Sewa Mobil

hal hal yang tidak boleh dilakukan saat sewa mobil

Kamu jelas memiliki pertanggungjawaban atas mobil yang kamu sewa. Meski kamu telah membayar, bukan berarti kamu bisa seenaknya memperlakukan mobil sewaanmu. Apalagi misalnya kamu sewa mobil mewah. Kerugian yang harus ditanggung lumayan juga besarnya.

Untuk itu, sebaiknya kamu membaca artikel ini agar lebih berhati-hati.

Inilah Hal-Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Sewa Mobil

Menyewa mobil secara bulanan sering menjadi alternatif yang paling memudahkanmu jika tak cukup dana untuk memiliki mobil sendiri. Atau sedang ada keperluan mendadak yang harus pakai mobil.

Dan kamu perlu ingat bahwa kamu memiliki tanggung jawab atas mobil sewaanmu. Jangan lakukan hal di bawah ini saat menyewa mobil.

1. Tidak memiliki SIM

Jangan nekat menyewa mobil untuk dikendarai sendiri apabila kamu belum mempunyai Surat izin Mengemudi (SIM). Atau jika kamu telah memiliki namun tak membawanya saat mengemudi, jangan sampai dilakukan.

Surat-surat penting untuk berkendara harus kamu pastikan selalu tersedia. Jika kamu tak punya SIM A, maka sebaiknya menyewa mobil beserta supirnya saja. Kalau kamu memaksa untuk tetap menyetir, tak hanya merugikan rental tempat kamu sewa mobil. Kamu bisa kena tilang dan waktu serta uangmu bisa habis hanya untuk mengurus itu.

2. Melebihi muatan mobil

Mobil memang dapat difungsikan untuk memuat barang atau beban yang berat. Tapi bukan berarti kamu dapat seenaknya meletakkan banyak beban ke mobil, bahkan hingga melebihi kapasitas beban mobil. Misal mobil hanya muat untuk 6 orang, maka jangan memaksakan untuk mengangkut 10 orang.

Belum lagi bila harus memuat barang-barang tiap orang di dalamnya. Hal ini akan membuat performa mobil menurun, selain itu jadi boros bahan bakar serta mesin. Sebab mobil jadi bekerja 2x lipat dari biasanya. Bahkan mobil yang kelebihan muatan bisa berpotensi kecelakaan.

3. Tidak menjaga kebersihan

Jagalah kebersihan mobil sewaan selayaknya mobil pribadimu sendiri. Itu semua demi kenyamananmu sebagai pengendara. Jangan sampai bekas makanan atau minuman tercecer di sembarang tempat. Hal itu akan menyebabkan seluruh kabin mobil berbau tidak sedap. Kabin mobil yang jorok dapat mengundang serangga dan tentu saja bau tak sedap, jadi pastikan kamu benar-benar menjaga kebersihan kendaraan sewaanmu.

4. Memodifikasi mobil

Memangnya ada yang seperti ini? Ada! Banyak sekali tingkah para penyewa yang unik, jangan sampai kamu adalah salah satunya. Mobil yang kamu sewa bukan mobil milikmu pribadi.

Kelak setelah masa sewa berakhir, kamu harus mengembalikannya. Maka sudah seharusnya kamu mengembalikannya secara utuh dan seperti sedia kala tanpa berkurang suatu apapun. Memodifikasi mobil merupakan satu dari hal-hal yang tidak boleh dilakukan saat sewa mobil.

5. Menyetir serampangan

Ngebut-ngebutan di jalanan dan memakai mobil sewa untuk balapan liar tentu sangat tidak boleh dilakukan. Bila terjadi kecelakaan maka akan merugikan banyak pihak. Jika tertangkap polisi saat balapan liar juga akan tercipta banyak kerugian.

Kamu tidak boleh mengemudi dengan ugal-ugalan. Sengaja tak memakai GPS yang ada demi merasakan sensasi berpetualang menjelajah jalanan asing, padahal kamu sangat awam akan medannya. Sebaiknya kamu menyetir dengan kecepatan yang wajar dan sepatutnya.

6. Melebihi deadline sewa

Kamu harus mengembalikan mobil sesuai kesepakatan yang sudah ditandatangani bersama penyewa. Jangan sampai melebihi batas sewa. Karena kamu akan dikenai biaya tambahan.

Kamu pun jangan berdalih dan mangkir dari kewajiban membayar denda karena terlambat mengembalikan kendaraan. Sebisa mungkin patuhilah kebijakan yang telah ditentukan perusahaan dan kamu sepakati juga.

7. Tidak mengecek mobil

Sebelum mengembalikan mobil kea gen rental mobil, kamu harus mengecek kembali ke dalam kabin, bagasi atau bagian luar mobil.

Pastikan tidak ada barang-barangmu yang tertinggal.Pastikan keadaan mobil bersih seperti awal kamu meminjam. Dan cek lah mengitari mobil apakah ada bagian mobil yang penyok dan butuh perbaikan.

8. Tidak memberikan kontak yang detail

Jangan lupa untuk memberikan back up kontak, khususnya jika kamu bepergian bersama orang lain. Tuliskan kontak kalian berdua dengan lengkap.

Jadi, apabila ada hal-hal tak diinginkan terjadi pihak rental dapat menghubungi kontak cadangan.

9. Mengabaikan tawaran untuk upgrade mobil sewaan

Kadangkala, agen rental lebih memahami banyak medan dibanding kamu. Saat kamu hendak menyewa mobil city car sementara tujuanmu nanti ke daerah dengan jalanan lumayan ekstrem. Maka agen yang baik akan menawarkan mobil tipe lain, minimal MVP dan paling bagus SUV.

Agar kamu dapat lebih nyaman saat di perjalanan. Hal ini tentu saja agar agen dan kamu tak harus menanggung kerugian apabila ada kerusakan yang terjadi setelah masa penyewaan. Ada baiknya kamu mempertimbangkan penawaran yang diberikan. Namun, dengan tetap memperhatikan budget yang kamu punya.

10. Abai pada semua layanan yang diberikan

Karena kamu telah membayar mahal untuk sewa mobil. Ada baiknya kamu perhatikan setiap layanan atau fasilitas yang seharusnya kamu dapatkan. Kamu benar-benar pasti akan sudah sesuai dengan kesepakatan, baik dari awal sampai akhir nanti.

Nah, setelah mengetahui hal-hal yang tidak boleh dilakukan saat sewa mobil. Saatnya kamu benar-benar melakukan setiap tips di atas sebaik mungkin. Perlakukan mobil sewaan layaknya mobilmu sendiri. Maksimalkan fasilitas dan tetap bertanggung jawab penuh dengan tidak merusak yang bukan milikmu.

Baca juga: Ingin Sewa Mobil? Intip Tips Memilih Rental Mobil Mewah di Bali

Facebook
WhatsApp
Twitter
LinkedIn
Pinterest

Artikel Terbaru